Beranda Kegiatan Warga FKD Puskesmas Adipala 1 singgah dipertemuan RT-an sosialisasikan bahaya penyakit DBD, HIV Aids dan Kanker Serviks

FKD Puskesmas Adipala 1 singgah dipertemuan RT-an sosialisasikan bahaya penyakit DBD, HIV Aids dan Kanker Serviks

5 menit membaca
0
0
42

Kalikudi – Pertemuan rutin yang biasanya hanya membahas tentang progres kegiatan desa dan saluran dana jimpitan. Kali ini mereka diberi pengalaman mengenai kesehatan oleh FKD dari Kecamatan Adipala, Sabtu 30/9.

Sosialisasi kesehatan yang dilakukan oleh FKD (Forum Kesehatan Desa) dihadiri oleh puluhan warga masyarakat RT 02. RW 04 Dusun Klapagading Desa Kalikudi. Warga masyarakat RT 02. RW 04 sangat antusias dengan pengarahan yang diberikan oleh salah satu petugas FKD Kecamatan Adipala.

Ketua Forum Kesehatan Desa Kalikudi, Bapak Nartam menjelaskan betapa pentingnya kesehatan. Karena sehat itu mahal, maka dari itu masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatan mereka. Khususnya bagi orang tua harus memperhatikan bagaimana kondisi kesehatan putra-putrinya.

Bapak Angga Pambudi menjelaskan bahwa, mencegah penyakit itu lebih penting. Misalkan dari cara kita makan. Pola makannya yang seperti apa yang baik itu yang harus dilakukan oleh warga. Tidak hanya pola makan saja, kesehatan lingkungan juga tidak kalah penting.

Tahun ini sudah memasuki musim hujan tentunya banyak sekali genangan air. Baik itu di selokan, barang-barang yang tidak terpakai, plastik dan lain sebagainya. Genangan air ini akan menjadi sarang dari nyamuk malaria yang bila ada warga digigit nyamuk tersebut akan terkena demam berdarah.

Pencegahan DBD sendiri memiliki yang dengan mudah dipraktikkan di sekitar kita. Program 3M Plus yakni Menutup tempat penampungan air, Menguras tempat penampungan air, Mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Plusnya ini adalah, hindari gigitan nyamuk, tidur memakai kelambu, dan gunakan obat nyamuk. Cara tersebut untuk memperkecil kemungkinan terkena gejala demam berdarah.

Selain pengarahan tentang DBD, Forum Kesehatan Desa UPT Dinas Puskesmas Adipala 1 juga mensosialiasikan tentang bahaya dan pencegahan dini penyakit HIV Aids dan kanker servik.

Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang bagian organ reproduksi wanita. Tepatnya pada daerah rahim. Jenis kanker ini termasuk sebagai penyakit penyebab kematian wanita di dunia. Setiap dua menit di dunia dan satu jam di Indonesia ada satu wanita yang meninggal dunia akibat menderita kanker servik (leher rahim).

Penyebab dari penyakit kanker servik adalah terinveksi dari virus Human Pilloma Virus (HPV), berhubungan seksual sebelum umur 20 tahun, terlalu banyak mengkonsumsi nikotin (merokok), terlalu sering menggunakan pembersih vagina (kelamin wanita), berganti-ganti pasangan (partner seksual multipel), terkena IMF (infeksi Menulas Seksual), dan kekurangan vitamain A, C, F.

Pengobatannya sendiri dapat dilakukan dengan operasi pengangkatan rahim, leher rahim, sebagai dari lubang kemaluan sesuai dengan stadium tingkatan. Kemoterpi dengan obat-obatan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dan membunuh sel kanker. Selain itu juga dengan pengobatan radiasi untuk membunuh sel kanker dengan energi radiasi yang tinggi.

Ria Yustina

  • Cegah DBD, Zika dan Chikungunya dengan PSN dan 3M Plus

    Kabarkalikudi – Setiap tahun korban Demam Berdarah Dengue (DBD) selalu meningkat. Di Indon…
Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari ria yustina
Lihat yang lain pada Kegiatan Warga

Baca yang lainnya

Musrengbang Desa Kalikudi fokus pada program pembangunan

Kalikudi – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrengbang) Desa Kalikudi Kecamatan Adipala, K…