Beranda Kabar Genjot Inovasi Desa, Camat Adipala Adakan Sosialisasi

Genjot Inovasi Desa, Camat Adipala Adakan Sosialisasi

5 menit membaca
0
0
55

Adipala – Camat Adipala bekerja sama dengan Dispermades Kabupaten Cilacap, Kapolsek Adipala sosialisasikan Program Inovasi Desa (PID).

Acara yang digelar pada Rabu (1/11/2017) di Pendopo Kecamatan Adipala. Sosialisasi juga dihadiri oleh Camat Adipala Drs.Teguh Prastowo,M.Si dan lebih dari 100 peserta yang terdiri dari Kades, BPD, LPPMD, KPMD, PKK dan Tokoh Masyarakat, dengan Narasumber Teguh Suprihadi, S.Sos Kabid Dispermades Kabupaten Cilacap, Supardihono, S.Sos TA Pelayanan Sosial Dasar Cilacap dan AKP Gatot Sumbono, S.Sos Kapolsek Adipala.

Dalam Pembukaannya Camat Adipala menyampaikan bahwa Sosialisasi  ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kecamatan Adipala dalam memberikan pengetahuan, dorongan dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

Presiden Jokowi melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melakukan koreksi atas kelemahan atau kekurangan dan upaya perbaikan secara proaktif, salah satunya dengan meluncurkan Program Inovasi Desa (PID), papar Camat Adipala.

Camat Adipala menambahkan contoh simplenya PID yaitu Keinginan pemerintah menjadikan gerakan “satu desa satu produk” atau one village one product (OVOP) sebagai pendekatan pengembangan Potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfatkan sumber daya lokal.

Seperti Badeg, Gula Semut di Desa Karangsari, Lanting Adiraja, Kripik Tempe Kalikudi, Kripik Buah Doplang dan lain sebagainya, yang diinovasi sehingga kemasan maupun pemasarannya menjadi menarik sehingga menambah pendapatan masyarakat dan desa.

Guna memfasilitasi hal tersebut telah dibentuk Tim Pelaksana Program Inovasi Desa (TP-PID) Kecamatan Adipala yang terdiri dari Puryanto sebagai Ketua, Evi Susanti, S.Kom Bendahara, Shochichul Iman, Spd, Kabul Eka Prasetya, A.Md.Kom dan Iswatun Hasanah, S.Pd.SD sebagai Bidang Pengelolaan Inovasi Desa serta Sawino dan Tasiyem sebagai Bidang Verifikasi Inovasi.

Dalam Kesempatan tersebut, Kapolsek Adipala AKP Gatot Sumbono, S.Sos juga mensosialisasikan terkait Nota Kesepakatan (MoU) antara Kapolri, Mendagri dan Menteri Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi tentang pengawasan pengelolaan penggunaan Dana Desa, yang diamanahkan kepada para Bhabimkamtibmas ditingkat desa.

Kapolsek Adipala memaparkan sosialisasi dilakukan agar masyarakat turut serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran Dana Desa, yang sesuai dengan peruntukkannya serta ikut memfasilitasi penggunaan Dana Desa dan mengawasi serta ikut berperan aktif mediasi dalam menyelesaikan masalah penggunaan anggaran desa.

“Pengawasan penggunaan Dana Desa sebagai upaya kontrol pencegahan terjadinya penyelewengan dan penyimpangan dalam penggunaan anggaran desa, sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai secara maksimal,”terang Kapolsek Adipala.

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Kabar

Baca yang lainnya

Musim Hujan, Warga Dihimbau Waspada DBD

Camat Adipala, Drs.Teguh Prastowo,M.Si mengajak warganya untuk mengantisipasi terjadinya h…