Beranda Ragam Kesenian Lengger Banyumasan Masih Diminati Warga Desa Kalikudi

Kesenian Lengger Banyumasan Masih Diminati Warga Desa Kalikudi

3 menit membaca
0
0
38

Kabarkalikudi – Berbagai kesenian budaya di Jawa Tengah memang beragam sekali. Banyaknya kesenian yang muncul dari warga membuat arti kesenian dan kebudayaan Indonesia tidaklah luntur. Seperti halnya kesenian tari Lengger Banyumasan, masih banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Pada Minggu (30/10/2016) malam ada pagelaran Kesenian Lengger Banyumasan pada kediaman rumah Bapak Supardi yang bertempat di Grumbul Semingkir, Desa Kalikudi. Seni tari lengger ini memang menjadi salah satu kesenian favorit masyarakat setempat. Di samping kesenian Ebeg (Kuda Lumping) dan Pagelaran Wayang Kulit.

img20161030210939

Bapak Camat Adipala, Lurah Desa Kalikudi dan juga beberapa perangkat desa Kalikudi juga turut hadir pada acara pagelaran seni tari Lengger Banyumasan.

Seni tari Lengger menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang menikmatinya. Liak liuk pinggul dan tangan yang menari menjadi tontonan menarik para warga. Selain penari (Lengger) biasanya ditampilkan juga badut lengger yang diperankan oleh penari laki-laki. Badut lengger ini sering mengundang gelak tawa para penonton dengan aksi tarian bersama pasangan tarinya.

img20161030210953

Walaupun cuaca sempat gerimis namun tidak membendung antusiasme masyarakat sekitar untuk menyaksikan kesenian Lengger Banyumasan. Acara ini dimulai sekitar pukul delapan malam hingga berakhir sekitar pukul dua dini hari.

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Ragam

Baca yang lainnya

Selamatan Labuhan, bertanda musim tanam padi di Desa Kalikudi telah dimulai

Kalikudi – Musim tanam padi di Desa Kalikudi Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap sud…