Beranda Kegiatan Warga Malam Minggu, Santri Baiturokhim Kalikudi Latihan Berjanjen

Malam Minggu, Santri Baiturokhim Kalikudi Latihan Berjanjen

3 menit membaca
0
0
41
Santri muda antusias berlajar Berjanjen

Kabarkalikudi – Tidak seperti malam minggu bagi remaja lain, para remaja cantik dan cakep dari Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Baiturokhim Desa Kalikudi meramaikan dengan belajar berjanjen, Sabtu (03/09/2016).

Berzanji atau Barzanji atau Berjanjen merupakan syair-syair, doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilantunkan dengan irama dan nada. Tradisi ini bisa digunakan pada acara kelahiran, khitanan, pernikahan dan sebagainya.

Isi dari Berjanjen sendiri merupakan tutur kata tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW dari kanak-kanak hingga menjadi rasul Allah SWT yang disampai secara turun-temurun. Dalam belajar berjanjen, berisikan tentang kisah sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad SAW serta peristiwa untuk menjadikan teladan umat manusia.

sedang_mengajar_para_santri_irma_baiturokhman

Melalui kegiatan berjanjen ini, keanggotaan IRMA dapat lebih mengenal dan memahami riwayat Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga akan menumbuhkan kebersamaan yang erat. Karena pada masa pembelajaran ini mereka saling bertanya dan berbagi informasi yang dapat menambah wawasa santri.

Acara yang dilakukan secara rutin pada hari Sabtu malam Minggu juga menjadi jadwal kegiatan wajib para santri IRMA Baiturokhim Kalikudi. Walaupun kebanyakan didominasi oleh kaum hawa, tapi tidak mengurangi antusias pengajar kepada para santri agar lebih memahami apa itu Berjanjen.

“Kalau malam minggu itu latihan berjanjen, malam sabtunya hadroh”, ungkap Ria salah satu pengurus IRMA.

Foto: Ria Indrawati

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Kegiatan Warga

Baca yang lainnya

FKD Puskesmas Adipala 1 singgah dipertemuan RT-an sosialisasikan bahaya penyakit DBD, HIV Aids dan Kanker Serviks

Kalikudi – Pertemuan rutin yang biasanya hanya membahas tentang progres kegiatan desa dan …