Beranda Kabar Permudah pendataan e-ktp, Pemkab Cilacap keluarkan surat edaran

Permudah pendataan e-ktp, Pemkab Cilacap keluarkan surat edaran

3 menit membaca
0
0
331
Surat edaran Pemkab Cilacap untuk permudah pendataan e-ktp

Kabarkalikudi – Agar proses pendataan pembuatan KTP elektronik warga di seluruh kecamatan yang ada di Cilacap, Pemkab Cilacap mengeluarkan surat edaran untuk mempermudah proses pendataan e-KTP.

Pada pasal 2 huruf a Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 yang telah diubah dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang “setiap penduduk warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan”.

Kondisi ini Pemkab Cilacap langsung mengamanatkan kepada seluruh kecamatan se – Kabupaten Cilacap untuk mempermudah dalam pendataan KTP-el. Penyederhanaan prosedur dalam pendataan KTP-el warga dengan cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP lama, tanpa harus meminta surat ijin pada RT/RW dan keluarahan.

Adapun isi dari surat edaran tersebut seperti ini.

  1. Mendata para wajib KTP-el yang sudah melakukan KTP-el pada tahun 2012 dan tahun 2013 (Program Nasional/Massal) tetapi belum mendapatkan KTP elektroniknya. Selanjutnya data dimaksud agar segera dikirim kepada Bupati Cilacap Cq. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap untuk dilakukan pencetakan KTP-el yang bersangkutan.
  2. Melaksanakan perekaman KTP-el bagi wajib KTP-el yang belum melakukan perekaman KTP-el dengan penyerderhaan prosedur yaitu cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) tanpa Surat pengantar dari RT, RW, dan Kelurahan/Kecamatan

Lantas kepada warga yang belum merekam data KTP elektronik juga harus segera. Pasalnya per 1 Oktober 2016 KTP biasa sudah tidak berlaku lagi. Ada sanksinya yang belum punya data KTP elektronik. (Baca: Sanksi belum punya e-KTP)

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Kabar

Baca yang lainnya

Musim Hujan, Warga Dihimbau Waspada DBD

Camat Adipala, Drs.Teguh Prastowo,M.Si mengajak warganya untuk mengantisipasi terjadinya h…