Beranda Kabar Permudah pendataan e-ktp, Pemkab Cilacap keluarkan surat edaran

Permudah pendataan e-ktp, Pemkab Cilacap keluarkan surat edaran

3 menit membaca
0
0
84
Surat edaran Pemkab Cilacap untuk permudah pendataan e-ktp

Kabarkalikudi – Agar proses pendataan pembuatan KTP elektronik warga di seluruh kecamatan yang ada di Cilacap, Pemkab Cilacap mengeluarkan surat edaran untuk mempermudah proses pendataan e-KTP.

Pada pasal 2 huruf a Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 yang telah diubah dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang “setiap penduduk warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan”.

Kondisi ini Pemkab Cilacap langsung mengamanatkan kepada seluruh kecamatan se – Kabupaten Cilacap untuk mempermudah dalam pendataan KTP-el. Penyederhanaan prosedur dalam pendataan KTP-el warga dengan cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP lama, tanpa harus meminta surat ijin pada RT/RW dan keluarahan.

Adapun isi dari surat edaran tersebut seperti ini.

  1. Mendata para wajib KTP-el yang sudah melakukan KTP-el pada tahun 2012 dan tahun 2013 (Program Nasional/Massal) tetapi belum mendapatkan KTP elektroniknya. Selanjutnya data dimaksud agar segera dikirim kepada Bupati Cilacap Cq. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap untuk dilakukan pencetakan KTP-el yang bersangkutan.
  2. Melaksanakan perekaman KTP-el bagi wajib KTP-el yang belum melakukan perekaman KTP-el dengan penyerderhaan prosedur yaitu cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) tanpa Surat pengantar dari RT, RW, dan Kelurahan/Kecamatan

Lantas kepada warga yang belum merekam data KTP elektronik juga harus segera. Pasalnya per 1 Oktober 2016 KTP biasa sudah tidak berlaku lagi. Ada sanksinya yang belum punya data KTP elektronik. (Baca: Sanksi belum punya e-KTP)

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Kabar

Baca yang lainnya

Inilah Daftar Bakal Calon Sekretaris Desa Kalikudi

Kalikudi – Penetapan bakal calon sekretaris desa untuk mengisi kekosongan perangkat …