Beranda Kabar Petani kecewa, hasil panen musim ini tidak sebaik musim kemarin

Petani kecewa, hasil panen musim ini tidak sebaik musim kemarin

3 menit membaca
0
0
28

Kabarkalikudi – Suasana panen di Desa Kalikudi sudah merata di seluruh lahan pertanian. Dari utara desa hingga bagian selatan desa para petani mulai memanen padi. Pada musim panen kedua tahun 2016 ini hasilnya pun kurang memuaskan. Pasalnya hama yang tak kunjung reda pada masa pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman tidak cepat tumbuh dan akhirnya mati.

Salah satu pemilik lahan padi mengungkapkan kekecewaanya karena musim panen kali ini merugi. Hasil yang dipanen dengan biaya perawatan untuk membasmi hama dan pupuk tidak sebanding dengan hasil yang didapat.

Walaupun begitu para petani tetap mengucapkan syukur alhamdulillah masih bisa memanen padi yang ditanam pada lahan pertanainnya. Ia berharap musim tanam padi besok hamannya mudah dibasmi dan tidak kembali lagi menyerang tanaman padi.

musim_panen_desa_kalikudi

 

Menurut para penggarap petani Desa Kalikudi hasil panen padi yang menurun disebabkan faktor hama binatang yang merusak padi dengan memakan batang padi yang masih muda hingga pertumbuhan jadi lambat. Berbagai cara yang diupayakan pun sudah dilakukan dengan cara memberikan obat anti hama, tetapi serangan hama pun masih ada. Faktor cuaca juga menjadi pengaruh berkembangnya hama tanaman tersebut.

mg_1471668160107.jpg

 

Tradisi ngasag dan mbawon juga menjadi salah satu momen yang berharga bagi warga Desa Kalikudi yang tidak menggarap sawah. Para ibu – ibu berbondong – bondong mencari padi yang jatuh sedikit demi sedikit dari mesin pemanen padi. Sedangkan para bapak – bapak juga ikut ngarit dan nyonggah yang dilakukan secara berkelompok.

(kds/whs)

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Desa Kalikudi
Lihat yang lain pada Kabar

Baca yang lainnya

Musim Hujan, Warga Dihimbau Waspada DBD

Camat Adipala, Drs.Teguh Prastowo,M.Si mengajak warganya untuk mengantisipasi terjadinya h…