Beranda Ragam Selamatan Labuhan, bertanda musim tanam padi di Desa Kalikudi telah dimulai

Selamatan Labuhan, bertanda musim tanam padi di Desa Kalikudi telah dimulai

2 menit membaca
0
1
309
Anak putu Kalikudi sedang menyantap tumpeng

Kalikudi – Musim tanam padi di Desa Kalikudi Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap sudah dimulai. Hal ini didasarkan pada selamatan labuhan yang sudah dilestarikan turun temurun oleh warga Desa Kalikudi (5/10).

Labuhan dari kata labuh yang berarti mulai setiap tahunnya melangsungkan selamatan ini. Dalam menentukan kapan hari selamatan labuhan didasarkan padan penghitungan jawa oleh tetua adat Desa Kalikudi.

Tahun ini tepat pada hari Kamis pon, 5 Oktober 2017 mengadakan selamatan labuhan di Panembahan Sumur Ketos (Depok) Desa Kalikudi. Puluhan warga masyarakat Desa Kalikudi berdatangan membawa tumpeng mogana dan ubarampe lainnya untuk selamatan labuhan.

Baca juga: Penetapan Kuncen Pasemuan Kidul Desa Kalikudi

Kepala Desa Kalikudi, Suparman Hadi Utomo hadir dalam selamatan labuhan. Tidak hanya itu, dari Lakpesdam PCNU Kabupaten Cilacap juga mengikuti jalannya selamatan hingga usai.

Adanya Kenduri Labuhan, menandakan tanam padi dimulai. Selain itu, warga masyarakat Desa Kalikudi juga berdoa bersama agar proses tanam padi berjalan lancar, tidak ada hama, hasilnya pun lebih baik dari musim panen sebelumnya. (wh)

Lihat artikel lainnya
Lihat yang lain dari Wahyu Setiyono
Lihat yang lain pada Ragam

Baca yang lainnya

Penetapan Kyai Kunci Pasemuan Kidul Desa Kalikudi

Kalikudi – Penetapan Kyai Kunci Pasemuan Kidul Desa Kalikudi yang dilaksanakan pada hari K…