Selamatan Memetri Bumi Desa Kalikudi


Memetri bumi warga Desa Kalikudi Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap biasa dilangsungkan pada bulan apit. Warga setempat biasa menyebutnya dengan sedekah bumi.

Acara ini digelar pada Senin, 14 Agustus 2017. Selamatan memetri bumi atau sedekah bumi merupakan adat tradisi turun temurun yang dilakukan warga Desa Kalikudi. Biasanya diadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pendopo Praba Kusuma Desa Kalikudi.

Sementara itu, ritual pokok oleh warga setempat berada pada Penembahan Depok/Sumur Ketos. Paguyuban Adat Jawa di Desa Kalikudi melangsungkan selamatan di area penembahan. Mereka membawa makanan hasil bumi untuk selamatan.

Warga mengenakan pakaian adat dan blankon ini duduk lesehan di tanah pada area penembahan. Tidak hanya itu, Kepala Desa Kalikudi Suparman Hadi Utomo bersama Camat Adipala Teguh Prastowo juga hadir mengikuti ritual selamatan di penembahan tersebut.

Pada siang hari, diadakan pagelaran wayang kulit ruwatan. Malam harinya juga diadakan pagelaran wayang kulit. Selain itu, pada Minggunya (13/8/2017) di Pendopo Prabo Kusuma Desa Kalikudi juga diadakan pengajian.

Hiburan pagelaran wayang kulit pada acara sedekah bumi di Desa Kalikudi ini sepenuhnya menggunakan dalang lokal.  Dalang asli Desa Kalikudi. Malam harinya resepsi sedekah bumi, dalang Restu Sindu Adam yang masih berumur belasan tahun menyajikan tontonan yang menarik kepada warga Desa Kalikudi.

Dalang Sindu biasa warga Kalikudi memanggilnya, juga telah meraih juara dalang remaja tingkat Kabupaten Cilacap. Prestasi tersebut ia raih dari semasa sekolah yang terus berlatih. Sindu sendiri belajar mendalang di Solo.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dibuka oleh Bapak Kepala Desa Kalikudi Suparman Hadi Utomo. Beliau menyerahkan tokoh wayang kepada Ki Dalang Sindu yang mandandakan mulainya pagelaran wayang kulit.

log in

reset password

Back to
log in